gravatar

Eliminasi anjing liar tahun 2010

Eliminasi anjing liar adalah kegiatan rutin Seksi Keswan Kesmavet, merupakan usaha preventif terhadap penularan rabies di Kota Cilegon. Kegiatan ini sangat penting dan beresiko tinggi, namun sangat disayangkan karena dalam pelaksanaannya kurang mendapat support dari pihak-pihak terkait.

Dua minggu sebelum dilaksanakan operasi, Seksi Keswan Kesmavet telah mengirim surat kepada camat dan kepala kelurahan tiap kecamatan, yang isinya berupa pemberitahuan tanggal operasi eliminasi,koordinasi, dan himbauan kepada pemilik anjing untuk tidak melepasliarkan anjing yang dipelihara. Yang diharapkan adalah kelurahan berkoordinasi dengan para ketua RT di lingkungan masing-masing. Namun kenyataannya para petugas eliminasi mengalami kesulitan karena kerap dicurigai saat melakukan operasi eliminasi di malam hari, dan berbagai masalah lainnya.

Lebih dari itu, rupanya kesadaran masyarakat dan para pejabat birokrasi masih rendah akan bahaya penularan rabies pada manusia. Padahal kabupaten yang bertetangga dengan Cilegon sudah terjangkit virus rabies. Dengan demikian, Cilegon dapat dikatakan daerah terancam rabies. Ironisnya, pada tahun 2011 ini eliminasi anjing liar ditiadakan, karena beberapa alasan yang sudah disebutkan tadi.

Bila kita mau membuka telinga, banyak sudah ancaman rabies yang menjadi kenyataan. Kepala Dinas Kesehatan Nias Utara Christian Zai digigit anjing peliharaannya pada akhir Desember 2009. Meski sempat dirawat di rumah sakit setempat, tetapi ia meninggal dunia di RS tersebut awal Maret 2010.
Berdasarkan hasil penelitian itu, dipastikan bahwa anjing tersebut positif menyebarkan rabies dan diperkirakan juga dialami anjing-anjing lain

Melihat rendahnya kesadaran masyarakat akan bahaya rabies, bukan tidak mungkin gigitan anjing tinggal menunggu waktu. Dan ciri masyarakat yang sakit adalah tidak pernah mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain, baru sadar ketika bahaya telah terjadi.


Peracikan umpan racun strychnin untuk anjing liar dan diliarkan. Racun ini sangat mematikan, hanya butuh waktu beberapa menit untuk membunuh anjing liar setelah anjing itu memakan umpan.


Target operasi eliminasi anjing liar, pembuangan sampah dan pinggiran jalan merupakan tempat favorit anjing liar pada malam hari.

gravatar

Tingkatkan kesadaran akan bahaya rabies dgn info2 spt ini.. Trims utk usahanya bro.. :-)

gravatar

yah sudah terbukti sekarang di kota cilegon sudah banyak kasus gigitan anjing maupun kera... biar para pejabat, lurah RT RW camat dan semua warga pada sadar telah mnganggap enteng program eliminasi ini...